Senin, 14 Juli 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Jenjang / Sekolah  : SDN Kwadungan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris 
Kelas / Semester : IV / Genap 
Waktu : 1 X 35 menit 
A. Standart Kompetensi
8. Menulis : Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B. Kompetensi Dasar:
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis
C. Indikator 
1. untuk memberi nama buah – buahan
2. untuk menyusun kata sehingga menjadi kalimat yang sesuai.
3. Membuat kalimat sederhana 
D.  Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan siswa dapat :
1. Memberi nama buah buahan berdasarkan gambar yang telah di sediakan dengan benar.
2. Menyusun kata sehingga menjadi kalimat yang benar setelah guru memberikan contoh secara benar
3. Membuat kalimat sederhana setelah guru memberikan contoh secara tepat dan berterima 
E. Materi Pembelajaran
Tema : Buah – Buahan (Fruits)
NO
Vocabulary
Language Expression
1. 
Grape
Putri likes to eat apple
2. 
Apple
Durian tastes sweet
3. 
Jack Fruit
The colour of grape is purple
4. 
Water Melon
Sekar doesn’t like to eat manggoesteen
5. 
Strawbery 
These are strawberys
6. 
Manggo

7. 
Chery 

8. 
Banana

9. 
Guava

10. 
Star Fruit

F. Model Pembelajaran
a. Teacher Directed
1. Introducing new vocabulary and the expressions
2. Drilling new vocabulary and expressions
3. Give examples how to read the text aloud.
b. Guided construction
1. Work  individually to :
a. Listen and repeat new vocabulary and  expressions
b. Identify the pictures
c. Match the words with the picture.
d. Read the text aloud.
2. Work in pair/group to :
a. Demonstrate to give command
b. Find the meaning of new words and expressions
c. Answer the question based on the text
       G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendidikan Karakter
Waktu
Kegiatan Awal
1. Guru mengucapkan salam dan siswa merespon
2. Guru mengecek kebersihan kelas dan kerapian tempat duduk siswa
3. Guru mengajak siswa berdoa dan siswa berdoa dipimpin ketua kelas.
4. Guru mengecek presensi siswa dan siswa merespon.
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan siswa memperhatikan.
6. Guru memberikan leading question.
1.Santun
2. Kebersihan lingkungan
3. Religious

4. Disiplin dan tanggung jawab
5.Rasa ingin tahu
10’
Kegiatan Inti
WRITING
1. Guru menjelaskan perintah dan memberi contoh cara melengkapi nama buah buahan secara mandiri (TP1)
2. Guru meminta siswa menuliskan jawabannya di papan dan mendiskusikannya.
3. Guru menjelaskan pola kalimat.
4. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang kemudian di bagikan topi untuk game yang di gunakan untuk menjawab task 2 berdasarkan aturan yang telah di jelaskan
5. Guru memberikan contoh untuk membuat kalimayt sederhana yang sesui dengan tema .
6. Guru meminta murid menuliskan kalimat sederhananya di papan tulis
1. Mandiri
2. Kerja-sama
30’
Kegiatan penutup
1. Guru menanyakan kesulitan siswa selama proses KBM.
2. Guru menyimpulkan pelajaran dan siswa merespon.
3. Guru menyampaikan tujuan rencana pembelajaran berikutnya dan siswa memperhatikan.
4. Guru mengucap salam dan menutup pelajaran.
1. Komunikatif 
2. Komunikatif 
3. Rasa ingin tahu
10 ‘
H. Sumber belajar :
     1. Buku Acuan:
a. SI dan SKL
b. Tim Penyusun BKS KKG Kota Kediri, 2010. BKS Bahasa Inggris Semester 1 . Kediri.
2.Media: Gambar buah - buahan 
I. Penilaian 
1. Instrumen
a. Proses (terlampir dalam Student Worksheet)
b. Akhir (terlampir dalam evaluasi akhir )
2. Rubrik Penilaian
a. Proses
Rubrik pengembangan siswa untuk pengembangan karakter
No
Nama
Rasa ingin tahu
Mandiri
Komunikatif
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
…….
2.
…….
3.
…….
Keterangan :
Rasa ingin tahu
( dilihat dari kecermatan, kecepatan, dan ketepatan dalam menjawab pertanyaan )
BT : Belum Terlihat ( belum menunjukan tanda-tanda rasa ingin tahu )
MT : Mulai Terlihat ( menunjukkan tanda-tanda rasa ingin tahu )
MB : Mulai Berkembang ( mulai konsisten menunjukkan rasa ingin tahu )
MK : Mulai Konsisten ( konsisten menunjukkan rasa ingin tahu )
Mandiri
( Dilihat dari kemandirian mengerjakan soal dari guru )
 BT : Belum Terlihat ( belum menunjukan tanda-tanda mandiri dalam mengerjakan tugas)
MT : Mulai Terlihat ( menunjukkan tanda-tanda mandiri dalam mengerjakan tugas)
MB : Mulai Berkembang ( mulai konsisten menunjukkan  tanda-tanda mandiri dalam mengerjakan tugas)
MK : Mulai Konsisten ( konsisten menunjukkan tanda-tanda mandiri dalam mengerjakan tugas)
Komunikatif 
( Dilihat dari partisipasi dalam bekerja sama baik dalam berpasangan maupun dalam kelompok )
BT : Belum Terlihat ( belum menunjukan tanda-tanda aktif dalam bekerjasama)
MT : Mulai Terlihat ( menunjukkan tanda-tanda aktif dalam bekerjasama  dengan teman)
MB : Mulai Berkembang ( mulai konsisten menunjukkan kemampuan bekerjasama )
MK   : Mulai Konsisten ( konsisten menunjukkan kemampuan bekerjasama)
b. Pedoman Penilaian Akhir:
A. Setiap jawaban benar dihargain 2,5 Nilai maksimum  20
B. Setiap jawaban benar dihargain 5 Nilai maksimum  25
C.  Setiap jawaban benar dihargain 5 Nilai maksimum  25
D. Setiap jawaban benar dihargain 10 Nilai maksimum  30
Total Nilai     100
Mengetahui, Kediri, 4 Januari 2012
Kepala SDN Kwadungan Guru Bahasa Inggris
( ……………………….) (Dianika Puspita A.N)
CATATAN:
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar