RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII / 2 (dua)
Materi Pokok : Teks narrative
lisan dan tulis, berbentuk fabel Indonesia pendek dan
sederhana
Alokasi Waktu : 1 Meeting ( 15 Menit )
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
A.
Kompetensi
Inti
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Mengungkapkan rasa
syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
.
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
(Cetak
tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam
RRP ini)
|
2.2.1 Menyapa guru
dan teman dengan santun
|
3.
|
3.14
|
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks narrative
berbentuk fabel Indonesia, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.14.1
Menentukan tujuan komunikatif teks.
3.14.2 Mengidentifikasi struktur teks.
3.14.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks.
|
4.
|
4.18
|
Menangkap
makna teks narative lisan dan tulis, berbentuk fabel indonesia pendek dan sederhana
penggunaannya
|
4.18.1 Menangkap sifat dan cirri-ciri
teks narrative fabel indonesia
secara lisan dan tertulis dengan
akurat, lancar dan berterima.
4.18.2 Mengungkapkan sifat dan ciri teks narrative fabel
secara lisan dan tertulisdengan
akurat, lancar dan berterima
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik
dapat:
1.
Selama proses
pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur bisa mempelajari bahasa
Inggris sebagai pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.
Selama proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman
3.
Menentukan tujuan komunikatif teks naratif fabel indonesia.
4.
Mengidentifikasi struktur teks naratif fabel indonesia
5.
Mengidentifikasi unsure kebahasaan dalam teks naratif fable Indonesia
6. Menangkap sifat dan cirri-ciri teks narrative fabel indonesia
secara lisan dan tertulis dengan akurat , lancar dan berterima.
7. Mengungkapkan sifat dan ciri teks narrative fabel secara lisan dan tertulisdengan akurat, lancar dan berterima
D.Materi Pembelajaran
Materi : Teks Naratif Lisan dan tulis,
berbentuk fabel pendek dan sederhana.
Fungsi Sosial : Memperoleh
hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai luhur melalui cerita dengan
tokoh binatang.
Struktur Teks :
·
Orientasi:
menyebutkan tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya
·
Evaluasi:
terhadap masalah yang dihadapi tokoh
·
Komplikasi:
muncul krisis
·
Resolusi:
krisis berakhir secara baik atau tidak baik bagi tokoh
Unsur Kebahasaan:
·
Deskripsi
orang, benda, dan uraian kejadian/peristiwa, dan ungkapan perasaan, dalam past
tense atau present tense
·
Kalimat
langsung dan tidak langsung
·
Adverbia
penghubung waktu: first, then, after that,
before, dsb.
·
Adverbia
dan frasa preposisional penujuk waktu: a
long time ago, one day, in the morning, the next day, immediately, dsb.
·
Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
·
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik:
Cerita
yang memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola
hidup sehat, dan ramah lingkungan.
D.
Metode Pembelajaran
1.
Scientific approach
E. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar Fabel
2.
Alat
Spidol warna, papan tulis, kertas.
3.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku
teks wajib
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan (
2 menit
|
||
Tahap
|
Kegiatan
|
|
Salam dan Tegur Sapa
|
- Apersepsi
dan motivasi
- Penyampaian
tujuan pembelajaran
|
|
Kegiatan inti (10 menit)
|
||
Mengamati
Mempertanyakan
Mengeskplorasi
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
|
-. Siswa mengamati gambar tentang
potongan cerita Naratif Fabel Indonesia
-. Siswa dapat merespon pertanyaan yang bersangkutan dengan Naratif Fabel yang terkenal di Indonesia yang
pernah di dengar dan di lihat sebelumnya.Mengenai alur cerita cerita tersebut,
mengenai unsur- unsur yang terkandung dalam cerita tersebut dsb
- siswa memproduksi kalimat simple present tense.
- Siswa menyebutkan generic structure dari teks narrative.
-Siswa dapat menyusun teks yang telah di sediakan menjadi good paragraf
- Siswa
membuat teks narrative mengenai Fabel sesuai bahasa mereka sendiri lalu menampilkan cerita hasil
kreatifitas mereka di depan kelas
|
|
Penutup (3 menit)
|
||
Penutup
|
.- Memberi kesempatan siswa bertanya.
- Menginformasikan
materi selanjutnya.
|
|
A. Penilaian
1. Penilaian proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
|
2
|
Peduli
|
||||
3
|
Kerjasama
|
||||
4.
|
Cinta damai
|
Lembar Pengamatan:
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
|||||
|
|
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
Kerja Sama
|
Cinta Damai
|
1
|
2
|
3
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kreteria Penilaian Sikap:
No
|
Tanggung Jawab
|
Skor
|
1
|
Melaksanakan tugas dengan baik tepat waktu.
|
3
|
2
|
Melaksanakan tugas tetapi tidak tepat waktu.
|
2
|
3
|
Tidak melaksanakan tugas
|
1
|
|
Peduli
|
|
1
|
Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap
kegiatan dalam proses pembelajaran
|
3
|
2
|
Sedikit bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam
setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
|
2
|
3
|
Tidak bersungguh-sungguh dalam
memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
|
1
|
|
Kerja Sama
|
|
1
|
Bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
|
3
|
2
|
Tidak sepenuhnya dan kurang proaktif dalam kelompok selama proses
pembelajaran
|
2
|
3
|
Tidak bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
|
1
|
|
Cinta Damai
|
|
1
|
Menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
|
3
|
2
|
Sedikit menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
|
2
|
3
|
Tidak menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
|
1
|
Keterangan :
3 = A
(Bagus)
1
= B
(Cukup)
1 = C (Kurang)
B.
RUBRIK
PENILAIAN WRITING.
No.
|
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang
dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1.
|
Isi
· Amat memahami; amat luas dan lengkap;
amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
· Memahami; luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan
kutipan, meskipun kurang terinci.
· Memahami secara terbatas; kurang
lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
· Tidak memahami isi; tidak mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
26 – 30
21 – 25
16 – 20
10 – 15
|
2.
|
Organisasi
·
Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis;
kohesi amat tinggi.
·
Teratur dan rapi; jelas;
banyak gagasan; urutan logis; kohesi tinggi.
·
Kurang teratur dan rapi; kurang
jelas; kurang gagasan; urutan kurang
logis; kohesi kurang tinggi.
·
Tidak teratur; tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
17 –20
12 – 16
8 – 11
5 – 7
|
3.
|
Kosakata dan Diksi
·
Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata;
pemilihan kata amat tepat.
·
Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang
tepat.
·
Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan
kata kurang tepat.
·
Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai
kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
16 –20
12 – 15
8 – 11
5 – 7
|
4.
|
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·
Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan
penyusunan kalimat dan kata-kata.
·
Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata
bahasa tanpa mengaburkan makna.
·
Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan
tata bahasa yang mengaburkan makna.
·
Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22 – 25
18 – 21
11 – 17
5 – 10
|
5.
|
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·
Amat menguasai kaidah penulisan
kata dan ejaan.
·
Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·
Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak
kesalahan.
·
Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6.
|
Kerapian
· Terbaca,
bersih dan rapi.
· Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
·
Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·
Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
Jumlah Skor Perolehan
Nilai Yang Diperoleh =
----------------------------------------- x 100
Jumlah
Skor Maksimum
…….,……………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
_______________________ ________________________
NIP. ... NIP. ..
Student Worksheet
Task 1
Observe the picture and answer the
question orally
Answer the text bellow orally!
1. Have
you ever seen or heard the story before?
2. What are the characteristics on those picture ?
3. Where
those story take place ?
4. Are
you interest to seen or read the narrative text ?
5. What the moral value from that story on that
picture ?
6. According
to your opinion, What is the Fabel story ?
Task 2
The affirmatif form The
negative form
To understand
more about Simple Past Tense, correct the following sentence using past form.
1. His back
and up his mane and (dance) and (jump) on his head.
2. The lion
(grab) the mouse and, holding him in his large claws, (roar) in anger.
3. The
(terrify) mouse, shaking and trembling, (beg) the lion to let him go.
4. The lion
(look) at the tiny mouse and (laugh).
5. 'Oh
thank you, your majesty,' (squeak) the mouse, and (scurry) away as fast as he
could.
6. And the
lion (open) his claws and let the mouse go free.
7. He
couldn't break free and became even more (entangle) in the net of ropes.
8.
'It was my turn to help you, Sire,'
(answer) the mouse.
Task 3 From the text above find the generic structure
..............................
|
The Rabbit and the Turtle
|
.............................
|
One day a rabbit was boasting about
how fast he could run. He was laughing at the turtle for being so slow.
|
....................
|
Much to the
rabbit's surprise, the turtle challenged him to a race. The rabbit thought
this was a good joke and accepted the challenge. The fox was to be the umpire
of the race. As the race began, the rabbit raced way ahead of the turtle,
just like everyone thought. The rabbit got to the halfway point and could not
see the turtle anywhere. He was hot and tired and decided to stop and take a short
nap. Even if the turtle passed him, he would be able to race to the finish
line ahead of him. All this time the turtle kept walking step by step by
step. He never quit no matter how hot or tired he got. He just kept going.
|
..........................
|
However, the rabbit
slept longer than he had thought and woke up. He could not see the turtle
anywhere! He went at full-speed to the finish line but found the turtle there
waiting for him.
|
Task 4
Rearrange this jumbled paragraph and
picture into a good one paragraf
|
The Chipmunk That Ran Away
|
|
“Well,” said the Lion, “Come with me
and I will show you how something”.
“Now get on my back.” The Lion took
her on his back, and asked the animals to stay where they were until they
returned. Then he showed the little Chipmunk that the apple had fallen to the
ground. This made the noise that had made her afraid. The little Chipmunk
said, “Oh, I see. The sky is not falling in.”
The Lion said, “Let’s go back and
tell the other animals.” So they went back. At last all the animals knew that
the sky was not falling in.
|
|
Once upon a time, there was a
nervous little chipmunk. She was always afraid that something bad happened to
her. One day, she heard a little noise. It was really only an apple that fell
to the ground.
|
|
But the little Chipmunk was afraid
and said “The sky is falling in.” Then she ran away as fast as she could go.
Soon she met an old brother Chipmunk, who asked, “Where are you runningto,
little Chipmunk?” And the little Chipmunk answered, “The sky is falling in,
and I am running away.”
“The sky is falling in?” said the
old brother Chipmunk. And he told the story to his brother chipmunk, until at
last there were a hundred brother Chipmunks shouting, ”The sky is falling
in.”
Soon the larger animals heard what
the Chipmunks were saying. The Deer, the Sheep, the Pig, the Camel, the
Tiger, and the Elephant began to say, “The sky is falling in.”
Then the wise Lion heard all the
noise and wanted to know what was happening. He stopped all the animals and
asked, “What are you saying?” The brother Chipmunks said, “Oh we heard it
from that little Chipmunk!” And the Lion said, “Little Chipmunk, what made
you say that the sky was falling in?” And the little Chipmunk said, “I saw it
there near the tree.”
|
, Match picture of narrative with the situations
|
1.
2.
|
|
3.
Task 6
Based in task 5 do in group , make a story with your own word (choose one of the story).
ANSWER KEY
TASK 2
1. Danced, jumped 5. Squeaked,
scurried
2. Grabbed, roared 6. Opened
3. Terrified, begged 7. Entangled
4. Looked, laughed 8. Answered
TASK 3
1. Title
2. Orientation
3. Complication
4. Reorientation
TASK 4
3– 2 – 1
TASK 5
1.
C
2.
A
3.
B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar